Profil (1)

Profil (1)

Profil Singkat Perpustakaan Universitas Indonesia

Sejarah Perpustakaan UI telah melalui proses panjang sejak tahun 1959,  ketika pimpinan Perpustakaan Fakultas dan Lembaga di lingkungan Universitas Indonesia mengadakan rapat untuk pertama kali di Biro Presiden Universitas untuk membicarakan organisasi perpustakaan. Sebagaimana lazimnya sebuah organisasi, perubahan dan perkembangan kelembagaan Perpustakaan UI berjalan seiring perkembangan UI itu sendiri. Hingga tahun 2010, UI memiliki 12 Perpustakaan Fakultas dan 1 Program Pascasarjana, yaitu

  1. Fakultas Kedokteran (FK),
  2. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG),
  3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),
  4. Fakultas Tehnik (FT),
  5. Fakultas Hukum (FH),
  6. Fakultas Ekonomi (FE),
  7. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB),
  8. Fakultas Psikologi (FPsi),
  9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP),
  10. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM),
  11. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM),
  12. Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), dan
  13. Program Pascasarjana Multidisiplin. 

Ke 13 perpustakaan ini dikoordinir oleh Perpustakaan UI dalam hal pengadaan koleksi serta pengembangan SDM, sedangkan kebijakan pengelolaan perpustakaan masing-masing dibawah koordinasi pimpinan fakultas dan Pascasarjana.

 

Integrasi Perpustakaan UI

Tahun 2010 UI membangun sebuah gedung megah untuk perpustakaan. Pembangunan gedung ini mengacu kepada rencana strategi UI di mana salah satunya adalah integrasi di bidang sarana/fasilitas, sumber daya manusia, dan keuangan. Perpustakaan sebagai salah satu komponen fasilitas pemelajaran merupakan tempat di mana semua sivitas akademika UI dapat bertemu dan berinteraksi untuk mengembangkan ide-ide yang pada akhirnya akan menghasilkan kolaborasi penelitian dari berbagai subjek. Selain itu, tujuan integrasi ini juga adalah untuk efisiensi di berbagai aspek, seperti pengadaan koleksi dan pengelolaan SDM.

Gedung bernama “The Crystal of Knowledge” ini selesai dibangun di awal tahun 2011, dan proses integrasi dimulai pada bulan Maret 2012. Adapun perpustakaan yang bergabung ke gedung baru tersebut adalah:

  1. Perpustakaan Pusat,
  2. Perpustakaan FIB,
  3. Perpustakaan FT,
  4. Perpustakaan FMIPA,
  5. Perpustakaan FIK,
  6. Perpustakaan FH

Beberapa fakultas lain tetap memiliki perpustakaan di fakultas namun memindahkan sebagian koleksinya ke gedung baru, yakni:

  1. Perpustakaan FASILKOM,
  2. Perpustakaan Fakultas Psikologi,
  3. Perpustakaan FISIP,
  4. Perpustakaan FKM, dan
  5. Perpustakaan FE.

Dengan bergabungnya beberapa perpustakaan dari fakultas ke gedung baru, maka UI tidak lagi menggunakan istilah ‘perpustakaan pusat’ namun menjadi 'Perpustakaan UI'.

Perpustakaan Universitas Indonesia adalah salah satu unit pendukung utama kegiatan akademik (pemelajaran, pengajaran dan penelitian). Perpustakaan UI memiliki sekitar 1,5 juta koleksi yang disimpan di Perpustakaan UI dan di beberapa perpustakaan fakultas. Sebagai unit pendukung pengajaran dan penelitian, Perpustakaan UI terus berusaha mengembangkan diri dengan menambah koleksi-koleksi terbaru, melanggan berbagai online databases, mengembangkan sistem, serta memberikan layanan prima kepada pengguna. Saat ini Perpustakaan UI merupakan salah satu perpustakaan rujukan bagi perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan menjadi trend setter dalam pengembangan perpustakaan di Indonesia.

Prinsip utama Perpustakaan UI adalah bahwa perpustakaan merupakan ruang publik yang paling terbuka dan demokratis bagi seluruh warga UI, tempat menggali pengetahuan dan menambang ilmu yang akhirnya dipancarkan bagi kemanusiaan. Perpustakaan UI adalah sarana pendukung utama untuk olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Dengan demikian Perpustakaan UI lebih fokus pada pengelolaan aktivitas2 yang mendukung pengembangan kualitas manusia melalui pendidikan dan penelitian, serta penyediaan sarana dan fasilitas sebagai meeting point dan learning common bagi seluruh pengguna dari berbagai disiplin ilmu.

Perpustakaan Universitas Indonesia berlokasi di gedung baru Perpustakaan UI, terletak antara masjid UI dan gedung Fakultas Ilmu Komputer.

 

Alamat lengkap:

Perpustakaan Universitas Indonesia

Gedung The Crystal of Knowledge, Perpustakaan UI

Kampus UI, Depok 16424.

URL: www.lib.ui.ac.id

Email: library@ui.ac.id

Telepon: (021) 7270751, 7270159, 7864134.

Faks: (021) 7863469.

Fb: Universitas Indonesia Library

Twitter & Instagram: @UI_library