UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Judul Pengembangan sistem informasi bantuan operasional sekolah
Nomor Panggil SP-125
Subjek
Penerbitan Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer, 2007
Kata Kunci
 Info Lainnya
Sumber Pengatalogan none
Tipe Konten none
Tipe Media none
Tipe Carrier none
Deskripsi Fisik xv.+188 lembar; il., 29 cm.+ lampiran
Naskah Ringkas none
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan Fasilkom UI
  • Ketersediaan
  • File Digital: 6
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
  • Tampilan MARC
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-125 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 122455
Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah (SI BOS) merupakan aplikasi berbasis web untuk membantu pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai dari tingkat pusat hingga tingkat sekolah. Proses bisnis rutin dari pengelolaan dana BOS adalah pelaporan
mengenai penggunaan dana BOS. Laporan ini menjelaskan proses pelaksanaan proyek mahasiswa berupa pengembangan SI BOS. Pelaksanaan proyek mahasiswa dilaksanakan oleh tim proyek mahasiswa yang terdiri dari empat orang. Anggota tim tersebut adalah Albert Kurniawan, Anjar Widianto, Dirgantoro Muhammad dan Kholid Abdul Hadad. Penulisan laporan ini dapat digolongkan menjadi tiga bagian. Bagian pertama seputar pendahuluan dan penjelasan mengenai proses pelaksanaan proyek mahasiswa. Bagian selanjutnya menjelaskan tentang tahapan pengembangan sistem yang terdiri dari proses analisis, perancangan, implementasi, serta pengujian. Bagian terakhir merupakan penutup dari laporan yang dibuat.Proses implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, smarty sebagai template engine, PostgreSQL sebagai sistem manajemen basis data, dan apache sebagai web server. Seluruh teknologi yang digunakan merupakan open source software yang dapat diperoleh secara bebas sehingga tidak membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pengembangan sistem ini. Selain itu, seluruh proses pengembangan sistem bersifat legal.SI BOS diharapkan dapat mempermudah proses pelaporan penggunaan dana BOS. Dengan diimplementasikannya sistem ini, diharapkan proses manajemen dana BOS, mulai dari perjanjian penerimaan bantuan, pengalokasian dana, sampai pelaporan penggunaan dana dapat lebih efisien dan mudah. Selain itu juga bila dikemudian hari akan dilakukan evaluasi ataupun pengkajian tenatang dana BOS, hal itu akan lebih mudah dilakukan dikarenakan oleh adanya database yang terpusat, sehingga pengolahan data jadi lebih mudah.
004
020
022
040
041ind
049
053
082
090[SP-125]
100
110
111
240
245|a Pengembangan sistem informasi bantuan operasional sekolah |c
246
250
260
260|a |b Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer |c 2007
270
300xv.+188 lembar; il., 29 cm.+ lampiran
310
321
336
337
338
340
362
490
500
502Skripsi
504lembar 188
515
520Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah (SI BOS) merupakan aplikasi berbasis web untuk membantu pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai dari tingkat pusat hingga tingkat sekolah. Proses bisnis rutin dari pengelolaan dana BOS adalah pelaporan mengenai penggunaan dana BOS. Laporan ini menjelaskan proses pelaksanaan proyek mahasiswa berupa pengembangan SI BOS. Pelaksanaan proyek mahasiswa dilaksanakan oleh tim proyek mahasiswa yang terdiri dari empat orang. Anggota tim tersebut adalah Albert Kurniawan, Anjar Widianto, Dirgantoro Muhammad dan Kholid Abdul Hadad. Penulisan laporan ini dapat digolongkan menjadi tiga bagian. Bagian pertama seputar pendahuluan dan penjelasan mengenai proses pelaksanaan proyek mahasiswa. Bagian selanjutnya menjelaskan tentang tahapan pengembangan sistem yang terdiri dari proses analisis, perancangan, implementasi, serta pengujian. Bagian terakhir merupakan penutup dari laporan yang dibuat.Proses implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, smarty sebagai template engine, PostgreSQL sebagai sistem manajemen basis data, dan apache sebagai web server. Seluruh teknologi yang digunakan merupakan open source software yang dapat diperoleh secara bebas sehingga tidak membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pengembangan sistem ini. Selain itu, seluruh proses pengembangan sistem bersifat legal.SI BOS diharapkan dapat mempermudah proses pelaporan penggunaan dana BOS. Dengan diimplementasikannya sistem ini, diharapkan proses manajemen dana BOS, mulai dari perjanjian penerimaan bantuan, pengalokasian dana, sampai pelaporan penggunaan dana dapat lebih efisien dan mudah. Selain itu juga bila dikemudian hari akan dilakukan evaluasi ataupun pengkajian tenatang dana BOS, hal itu akan lebih mudah dilakukan dikarenakan oleh adanya database yang terpusat, sehingga pengolahan data jadi lebih mudah.
533
534
536
546Bahasa Indonesia
590
650Education system; Education foundation
653BOS; bantuan operasional sekolah; pengembangan sistem
700
710
711
850Universitas Indonesia
852Perpustakaan Fasilkom UI
856
866
900
902
903